istana


ISTANA SEKOLAH ADIWIYATAKU
Hⓐⓐⓘⓘ sobat lingkungan ..............................

Gimana kabar lingkungan hijau kalian ? Dirawat dengan baik nggak ? Oke, ngomong-ngomong soal merawat lingkungan berarti kita ngomongin soal tanaman kan ? Tau nggak bibit tanaman yang kalian tanam itu berasal dari mana ? Bibit-bibit itu awalnya ditanam di sebuah rumah hijau yang memang dibuat khusus untuk pembibitan. Sekarang kalian udah bisa nebak maksud dari judul kita diatas kan ? Yup, betul banget. Yang dimaksud istana sekolah adiwiyata itu GREEN HOUSE.
SMAN  1 Puri sebagai sekolah adiwiyata tentu saja memiliki sebuah green house. Green house di SMAN 1 Puri adalah salah satu pokja unggulan. Untuk  mengenal lebih dekat tentang green house, mari simak wawancara dengan wakil ketua pokja green house SMAN 1 Puri.
Yee ...... Prok .. Prok .. Prok .. Prok !! check it out ~
“Green house adalah pioneer adiwiyata di SMAN 1 Puri karena tanaman-tanaman yang ada di lingkungan SMAN 1 Puri ditanam terlebih dahulu di green house, sehingga sudah cukup umur untuk ditanam di kebun sekolah atau tempat lainnya di SMAN  1 Puri”.


“Tanaman apa saja yang dibibitkan di green house ?”, tanya kami pada Hendrix.
“Yang kami tanam adalah tanaman hias, produktif, dan beberapa tanaman toga. Kami juga mempunyai tanaman hias yang mulai jarang kita temui. Dan kalian tahu ? cuma ada satu di SMAN 1 Puri”.
“Green house juga berkolaborasi dengan pokja lain, seperti pokja tanaman hias, kebun, 3R, komposting, dan tanaman gantung”, ucap Hendrix.
“Dari mana bibit tanaman yang ditanam di green house ?” tanya kami pada Hendrix.
“Kami bisa membeli dan juga mengambil dari pokja kebun dengan cara mengambil buahnya, lalu mengambil dan mengeringkan bijiinya supaya lebih cepat tumbuh saat ditanam”.
Rumah kaca atau green house pada prinsipnya adalah sebuah bangunan yang terdiri atau terbuat dari bahan kaca atau plastik yang sangat tebal dan menutup diseluruh pemukaan bangunan, baik atap maupun dindingnya. Didalamnya dilengkapi juga dengan peralatan pengatur temperature dan kelembaban udara serta distribusi air maupun pupuk.
Secara umum fungsi dari green house antara lain:
1.     Pengaturan jadwal produksi
2.    Meningkatkan hasil produksi
3.    Meningkatkan kualitas produksi
4.    Meminimalisasi pestisida
5.    Aset dan performance
6.    Sarana agrowisata
Dengan Greenhouse faktor yang berpengaruh seperti suhu, sinar matahari, kelembaban, dan udara disediakan, dipertahankan dan didistribusikan secara merata pada level yang optimal. Untuk tujuan ini disyaratkan dalam pembuatan greenhouse adalah mempunyai transmisi cahaya yang tinggi, konsumsi panas yang rendah, ventilasi yang cukup dan efisien, struktur yang kuat.
Sekarang mari kita tengok yuk kelebihan dari Greenhouseà
1. Tanaman dapat berproduksi secara kontinyu dan berkesinambungan sepanjang tahun. Hal ini disebabkan pada green house kita dapat mengatur suhu, kelembaban, tekanan udara maupun pH sedemikian rupa sesuai dengan kebutuhan crop.
2. Penggunaan air, pupuk maupu pestisida lebih efisien, baik dalam dosis penggunaan, waktu maupun tempat. Karena kita menggunakan polybag yang tentu sangat efektif dalam penggunaan pupuk, air dan pestisida.
3. Resiko tanaman terserang penyakit menjadi lebih kecil karena lingkungan dalam green house sendiri secara langsung maupun tidak telah terlindung dari lingkungan luar.
Greenhouse untuk daerah tropis sangat memungkinkan dan mempunyai banyak keuntungan dalam produksi dan budidaya tanaman. Produksi dapat dilakukan sepanjang tahun, dimana produksi dalam lahan yang terbuka tidak memungkinkan karena adanya hujan yang sering dan angin yang kencang. Struktur greenhouse di daerah tropis sering menggunakan sisinya untuk melindungi dan mengontrol suhu dengan menggunakan ventilasi alamiah maupun terkontrol dengan dilapisi jala (screens) yang mampu mengurangi serangan serangga dan hama. Berhubung Indonesia daerah tropis, cocok banget tu sobat buat sekolah kita semua..
            Untuk membuat rumah kaca (greenhouse) harus di perhatikan unsur lokasi dimana akan di tempatkan rumah kaca tersebut. Sebenarnya bentuk-bentuk green house tersebut bermacam-macam mulai dari bentuk sederhana dengan bahan yang paling murah sampai bentuk komplek yang dibentuk dari bahan penutup yang mahal. Bahan penutup atap dapat menggunakan kaca maupun plastik. Bahan yang terbuat dari plastik juga tidak kalah dengan kaca dimana mempunyai kelebihan antara lain : tahan pecah, bentuknya bisa disesuaikan dengan bermacam design, dan sangat mudah digunakan.
Jadi sudah tau kan manfaat dari green house ? Tunggu apalagi..sekolah kalian yang belum punya green house, buruan buat deh..!! Itung-itung ikut serta untuk mengembangkan green house. Oke ?
Ngomong-ngomong, kalian tau tidak kenapa judul artikel kita seperti di atas? Kita sebut greenhouse sebagai istana sekolah adiwiyata karena menurut kita, green house di sekolah adalah pioneer dan pusat dari pokja-pokja yang lainnya. Bentuknya yang seperti rumah atau istana dengan tumbuhan-tumbuhan di dalamnya yang menambah keindahan mendorong kami untuk memberi julukan Istana untuk Green house.
Untuk menutup obrolan kita kali ini, kita punya pantun nih buat kalian..
Pak tani dengan si kancil, bertengkar setiap saat ..
Green house ku kecil, tapi seribu manfaat..
Semoga green house yang kalian punya bermanfaat bagi lingkungan kita di masa depan. Sampai jumpa sobat lingkungan .... bertemu dengan kita lagi di artikel selanjutnya yah ... SALAM LESTARI  !!  Bye Bye  ...  ~(ˆˆ~) ~(ˆˆ)~ (~ˆˆ)~


~ACHG~


0 komentar:

Posting Komentar

 
Happy Cat Kaoani